Senin, 31 Oktober 2011

Kisahku di Hari nan Fitri

13137617572104629975
“Hufh lama bgt sh,,,” batin Pongky sambil bolak balik melihat jam dinding di tempatnya bekerja,, hari ini Pongky kerja double shift, dari jam 12 malam lanjut hingga jam 5 sore menggantikan temannya yang sedang libur.
Tiba-tiba Pongky di kejutkan oleh dering di handphonenya “ Trettt trettttttttttttt…” Nomor yang sangat dikenalnya “Salmah?…, ngapain dia telpon gw” guman Pongky bingung. Salmah adalah adik dari ibu Pongky. Buru-buru Pongky menjawab Handphonenya “ Ada apa sal?” Tanya Pongky cepat, “ lo ga pulang? Emak lo masuk rumah sakit tuh, lo cepetan pulang.” Jawab Salmah , “knp?” Tanya Pongky lagi, Bqatin Pongky sedikit tdk percaya karna beberapa hari yang lalu saat Pongky akan kembali ke kos kosannya yg berada di bilangan grogol ibunya masih baik-baik saja. “Udah lo cepetan pulang emak lo jatuh tadi di kamar mandi” Jawab salmah lagi, Pongky mulai panik “ Di rumah sakit mana sal? Ydh gw palang skr”. “ Dirumah sakit koja, lo buruan pulang klo udah sampe lo tlp gw aja” jawab Salmah ikutan panic, “ iya gw pulang” kemudian hanphone di matikan.
Pongky mulai panik, dia ingin secepatnya pulang untuk melihat kondisi ibunya yang sedang sakit, tapi pergantian shift masih 2 jam lagi, Pongky bolak balik mencari ide tapi dalam kondisi panic dia tidak menemukan ide. Akhirnya Pongky berusaha minta bantuan kepada Mba Surti Pembatu yang sekaligus menjadi orang kepercayaan Bosnya. “Mba surti tolongin Pongky dong, Ibu Pongky masuk rumah sakit dan sekarang Pongky di suruh ke rumah sakit secepatnya,” Ungkap Pongky panik , “ Emang si Obay kemana?” Tanya Mba surti, “Obay lagi dalam perjalan kesini mba,” Jawab Pongky bingung. “Ya udah mba jagain bentar sampai Obay dating tapi laporan smuanya udah di tulis kan?” Tanya Mba Surti lagi “ Udah kok mba, ya udah ya Mba Pongky mau buru-buru pulang, ntar bilang aja sam ibu Pongky Ibunya masuk rumah sakit, Makasih ya Mba…” Pongky langsung buru-buru membereskan pakaiannya di tempat Kosnya yg tidak jauh dari tempatnya bekerja.
Selama perjalanan Pongky terus saja memikirkan ibunya, dia masih tidak percaya ibunya masuk rumah sakit, padahal ibunya baik” saja waktu dia hendak pulang ke kos-kosannya beberapa hari yang lalu.
***#***
“Sal gw udah di depan rumah sakit nih, lo dimana? “ Tanya Pongky begitu tiba di rumah sakit, “Ya udah gw kesana, lo tggu aja” Jawab salmah.
Ngga lama orang yang di tunggu dating “Emak lo ada di UGD sekarang, tadi dia jatuh di kamar mandi, Sekarang lagi di periksa dokter” terang salmah. “Kok bias jatuh sih? Emang lagi ngapain?” Tanya Pongky penasaran. “Gw juga ga tau orang gw jg di telpon sama bapak lo” Jawab salmah.
***#***
Sesampainya di ruang UGD Pongky melihat Ibunya yang terbaring lemah di ranjang rumah sakit. Pongky langsung menghampiri Ibunya. “ Emak sakit Pongky,,” Bisik ibunya lembut, Pongky sedih melihat kondisi Ibunya yang terbaribg lemah “ Iya mak, makanya jangan kecapean” jawab Pongky sambil berusaha menutupi kesedihannya dan mencoba tegar. “Pongky udah makan?” Tanya Ibunya, Pongky makin sedih melihat Ibunya yg masih saja mengkhawatirkan dirinya. “Udah kok mak, emak harus sembuh yah supaya lebaran kita bias jalan-jalan lagi, Pongky baru dapet THR nih mak.” Jawab Pongky mencoba menghibur Ibunya.
***#***
Pongky di beritahu Ayahnya kalo Kondisi Ibunya lumayan Parah, Ibunya kehilangan banyak darah, “ Emang ga minta ke PMI?” Tanya Pongky, “Udah tadi, si Edi yang jalan kesana tapi katanya lagi kosong golongan dara O negative.” Jawab ayahnya. “Trus gimana?” Tanya Pongky bingung. “Kata dokternya suruh donor darah aja yang golongan darahnya sama” Jawab ayahnya lagi. Pongky bingung kemana harus mencari donor darah. Sepeninggal ayahnya Pongky langsung berupaya menghubungi teman-temannya yang ada di phone list handphonennya, dia menanyakan satu persatu teman-temannya golongan darah mereka. “Din golongan darah lo apa” Tanya Pongky ke salah satu sahabatnya, “ Emang kenapa lo nqanyain golongan darah gw Pongky?” yang di Tanya malah balik bertanya karena bingung. “ Ngga, nyokap gw masuk rumah sakit dan sekarang butuh banyak darah bergolongan O, Golongan darah lo apa din?” Jawab Pongky lagi, “ Kayanya O deh tapi ga tau juga” Jawab dini bingung. “Ya udah lo bisa kerumah sakit koja ga sekarang? Gw butuh bantuan banget nh please yah din”.
***#***
Malamnya dini dan beberapa temannya datang menjenguk ke rumah sakit. Pongky Cuma mengenal dua orang diantara mereka, ya cuma Dini dan Eva, yang lainnya Pongky asing “Din langsung aja yuk ke PMI, kita cek darah disana, kita naek taxi.” Ajak Pongky panik. Dini mengajak teman-temannya yang lain tp Cuma teman perempuan yang mau ikut. “Ah yang cowoknya pada cemen” Celoteh dini kesal.
Akhirnya dengan menggunakan Taxi kami berlima berangkat menuju PMI di bilangan senen Jakarta Pusat. Selama di perjalanan Pongky kebanyakan diam membuat teman-temannya sedih dan berusaha menghiburnya. “Udah Pongky jangan terlalu sedih gitu, kita semua siap membantu kok walaupun cowok-cowok tadi pada takut” Hibur dini “Iya Pongky” Tambah Ades teman dini yang Pongky sama sekali belum mengenalnya. Pongky merasa sangat senang mempunyai sahabat seperti mereka yang selalu ada setiap kali Pongky membutuhkan mereka.
Sampailah mereka di PMI Pongky turun dan langsung membeli beberapa pulpen di warung depan PMi “Sapa tau di butuhkan “ Batin Pongky.
Sesampai di dalam gedung PMI Pongky sudah di tunggu Edi kakaknya. “Ya udah langsung isi Formulir aja nih” Kata edi kakanya Pongky. “Untung tadi udah beli pulpen” batin Pongky lagi sambil membagikan formulir dan pulpen kepada teman-temannya.
Setelah selesai mengisi formulir Pongky dan teman-temannya menunggu di dalam gedung PMI, Hati Pongky mulai ketar ketir, ini pertama kalinya Pongky mendonorkan darahnya. Padahal Pongky paling takut sama yang namanya jarum suntik tapi demi Ibunya Pongky rela melakukan apa saja.
Tiba giliran Pongky di panggil untuk melakukan tes golongan darah, Pongky dan dua temannya yang lain ternyata golongan darahnya sama yaitu O, dini tidak cocok sedangkan eva tidak bisa di cek darahnya karena sedang datang bulan.
Huft inilah saat yang paling mendebarkan bagi Pongky, Jarum donor darahnya terlihat sangat menakutkan bagi dia tapi dia berusaha untuk tetap tenang. “Pongky sakit ga?” Tanya Ades temannya yang baru dikenalnya yg juga ikut mendonorkan darah untuk Ibunya Pongky, “Ngga kok Cuma kaya di gigit semut” Jawab Pongky santai, padahal dalam hatinya Pongky merasa takut luar biasa.
Akhirnya acara donor darah pun selesai dan Pongky langsung menuju Ke bagian Administrasi untuk meminta darah yang di perlukan Ibunya. “Wah ga bias di ambil sekarang mas, kami harus melakukan pemeriksaan terlebih dulu” Jawab perempuan muda di bagian administrasi, “Tapi saya butuh sekarang mbak, Ibu saya sedang dirawat dan membutuhkan banyak darah” Terang Pongky, “ Tapi itu udah peraturan sini mas” jawab perempuan muda itu lagi. “ Dituker aja mba sama punya org setengahnya ntar setengahnya saya ambil lg besok bias ga?, Ibu saya butuh banget mba.” Terang Pongky ngotot. “Coba saya usahain yah mas” perempuan itu mengalah, mungkin kasihan melihat Pongky yang sudah berusaha sangat keras untuk Ibunya.
Akhirnya Pongky berhasil membawa 2 kantung darah untuk ibunya. Cepat-cepat Pongky dan ke empat temannya kembali ke rumah sakit tempat Ibunya dirawat.
Bersambung……


Tidak ada komentar:

Posting Komentar